SATU BUMI Dari Puncak Nagekeo: Pameran SWADAYA XII dan Penggalangan Buku untuk Rumah Baca Ebulobo – SATU BUMI

SATU BUMI

Mahasiswa Penggiat Alam Bebas Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

Dari Puncak Nagekeo: Pameran SWADAYA XII dan Penggalangan Buku untuk Rumah Baca Ebulobo

September 23, 2018 by admin

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, siapapun dapat bertualang menembus batas ruang dan waktu.

Demikianlah kata orang tentang betapa pentingnya membaca buku. Sepekan silam, tepatnya pada tanggal 12-14 September 2018, tim SWADAYA XII beserta Anggota Penuh SATU BUMI mengadakan pameran bertajuk “Dari Puncak Nagekeo: Pameran SWADAYA XII dan Penggalangan Buku untuk Rumah Baca Ebulobo”. Sesuai namanya, selain diisi dengan foto-foto dan video perjalanan SWADAYA XII serta peta jalur pendakian Gunung Ebulobo via Mauponggo-Mulakoli, pameran ini merupakan acara penggalangan donasi berupa buku ataupun uang untuk disalurkan ke salah satu perpustakaan komunitas di Flores, yaitu Rumah Baca Ebulobo.

Seluruh foto yang ditampilkan di pameran.

Pengunjung mengamati pameran foto.

Pameran ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Rumah Baca Ebulobo akan tambahan buku bacaan yang ditemukan oleh tim SWADAYA XII ketika sedang berkegiatan pada bulan Juli tahun 2018 yang lalu. Pada saat itu, tim SWADAYA XII yang berjumlah 6 orang sedang melakukan rangkaian kegiatan sosial masyarakat berupa penyuluhan tanggap bencana gunung berapi dan kegiatan mengajar kepada anak-anak SDK Mulakoli di Desa Mulakoli, Kecamatan Nagekeo, Flores, NTT. Dalam salah satu kesempatan, tim SWADAYA XII mengunjungi Rumah Baca Ebulobo dan mendapati bahwa jumlah buku yang terdapat di sana belum mampu memenuhi minat baca pembacanya yang tinggi. Pembaca yang berupa anak-anak usia SD hingga SMA, tak jarang harus saling menunggu atau membaca satu buku bersama-sama lantaran jumlah buku yang masih sedikit. Selain itu, rumah baca tersebut tengah dikembangkan dengan persiapan pembangunan perpustakaan di kantor kepala desa, sehingga tentu akan membutuhkan tambahan buku bacaan lagi. Karena itulah, Anggota SATU BUMI termasuk tim SWADAYA XII memutuskan untuk mengadakan kegiatan penggalangan buku untuk Rumah Baca Ebulobo melalui pameran agar sekaligus dapat membagikan hasil perjalanan SWADAYA XII selama kurang lebih 23 hari.

Dalam pameran yang diselenggarakan di Selasar Barat Kantor Pusat Fakultas Teknik (KPFT) UGM tersebut ditampilkan juga dokumentasi seluruh SWADAYA sebelumnya untuk memahamkan pengunjung mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SATU BUMI secara rutin sejak tahun 2007 ini. Selain itu, panitia turut mengajak beberapa seniman, penulis, dan kreator yang ingin berkolaborasi dengan menyumbangkan karyanya. Karya tersebut ditampilkan dalam pameran, lalu pengunjung yang menginginkan karya tersebut dapat membelinya secara barter dengan buku donasi dalam jumlah tertentu. Pada hari terakhir, semua karya tersebut telah habis dibeli oleh pengunjung.

Karya kolaborasi yang dipamerkan dan dijual.

Pengunjung memberikan buku donasi.

Panggung musik pada hari kedua pameran.

Setelah pameran selesai, penggalangan buku masih dilanjutkan sampai hari Minggu (16/9). Dari kegiatan tersebut, terkumpul lebih dari 150 buku bacaan. Buku tersebut telah dikirimkan pada tanggal 17 September, dengan memanfaatkan layanan gratis pengiriman buku setiap tanggal 17 oleh Kantorpos. Jika teman-teman yang membaca tulisan ini memiliki buku bacaan yang ingin disumbangkan, kiranya juga dapat mengirimkan bukunya ke Rumah Baca Ebulobo melalui layanan tersebut.