SATU BUMI Rekrutmen Terbuka 2019 – SATU BUMI

SATU BUMI

Mahasiswa Penggiat Alam Bebas Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

Rekrutmen Terbuka 2019

August 26, 2019 by admin

Halo, Mahasiswa Teknik!

Pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 ini, kami membuka kesempatan bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri ke organisasi Penggiat Alam SATU BUMI.

Seperti yang sudah dapat diduga, SATU BUMI merupakan organisasi penggiat alam di UGM yang berada pada tingkat fakultas. Maka, jika kamu ingin bergabung dengan organisasi untuk mengenal teman-teman selain yang ada di jurusan tetapi tidak ingin pergi jauh, sekretariat SATU BUMI yang terletak di Lowerground Fakultas Teknik UGM adalah pilihan yang tepat.

Masih ragu untuk mendaftar? Yuk, lihat FAQ di bawah ini.

 

Q: Kegiatannya SATU BUMI apa saja, ya, kak?

A: SATU BUMI punya 4 divisi di bidang kegiatan kepencintaalaman, yaitu Divisi Gunung-Hutan, Air, Panjat, dan Caving. Jadi, kegiatan yang dapat dilakukan di SATU BUMI antara lain mendaki gunung, arung jeram, panjat tebing, dan susur gua. Selain itu, 13 tahun terakhir, SATU BUMI rutin melaksanakan kegiatan SWADAYA setiap tahunnya. SWADAYA adalah kegiatan yang dilakukan oleh Anggota Mula untuk menjadi Anggota Penuh. Kegiatan SWADAYA harus disertai dengan unsur sosial masyarakat. SATU BUMI juga cukup aktif dalam kegiatan tanggap bencana. Kamu bisa mencari tahu kegiatan kami lebih dalam dengan membaca konten media sosial kami atau langsung datang ke sekretariat kami.

 

Q: Kak, aku belum pernah naik gunung (atau berkegiatan di alam lainnya), gimana ya?

A: Tenang saja, di SATU BUMI, kita akan belajar dari dasar-dasarnya, khususnya dari standar keselamatan berkegiatan di alam. Selalu ada yang menjadi pertama kali untuk segalanya, bukan? 🙂

 

Q: Kak, aku belum punya alat-alat untuk berkegiatan di alam. Apakah aku harus beli semuanya?

A: Tidak harus, kok. Nanti, kamu akan diperkenalkan dengan alat-alat yang harus dibawa ketika berkegiatan di alam. Kalau belum punya alat, bisa diatasi dengan cara meminjam. Kalau kamu sudah bergabung sebagai Anggota Penuh SATU BUMI, kamu boleh meminjam alat-alat yang ada di bawah naungan Divisi Logistik SATU BUMI. Enak kan?

 

Q: Aku punya penyakit, apakah aku bisa ikut berkegiatan di alam?

A: Bisa, tapi sebaiknya kamu mengenali penyakitmu dan cara mengatasinya, ya. Selalu sampaikan kepada kami kalau merasa sakit pada saat berkegiatan. Jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan pribadi ketika berkegiatan di alam.

 

Q: Aku ingin masuk SATU BUMI, tapi orang tuaku nggak mengizinkan, kak.

A: Waduh, ini masalah yang sering sekali terjadi. Pada akhirnya, setiap anggota memiliki caranya masing-masing dalam bernegosiasi dengan orang tuanya. Kalau orang tuamu tipe yang perlu dikabari secara berkala ketika kamu berkegiatan, kita bisa melakukannya. Sebab, selama berkegiatan, peserta di lapangan akan terus dimonitor oleh anggota SATU BUMI yang ada di sekretariat. Anggota di sekretariat dapat membantu menghubungi orang tuamu. Kamu juga bisa diskusi lebih dalam bersama anggota kami yang sudah melewati masalah ini, tinggal datang saja ke sekretariat kami 🙂

 

Q: Jadi, bagaimana cara menjadi anggota SATU BUMI?

A: Pertama, lakukan pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan secara offline, yaitu dengan meminta formulir pendaftaran di sekretariat SATU BUMI, mengisinya, kemudian mengembalikannya lagi ke sekretariat. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online, yaitu dengan mengisi form pada tautan berikut:

https://tinyurl.com/OprecSatuBumi-2019

Setelah itu, tunggu informasi selanjutnya dari kami. Kalian akan dikumpulkan terlebih dahulu kemudian diajak latihan fisik dan belajar di ruangan maupun di lapangan. Lalu, kamu akan mengikuti kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar), yaitu puncak kegiatan pendidikan bagi Calon Anggota SATU BUMI.